Friday, August 1, 2008

SAy No To Beasiswa

aku benci beasiswa
awal aku mengenal beasiswa ketika masuk PTN di semarang, sekilas terkesan menyenangkan. dapat duit banyak tanpa harus keluar keringat. tapi sejalan dengan bergulirnya waktu, kesan menyenangkan tiba-tiba jadi benci. pernyataan tersebut beralasan karena selama ini aku mencoba mengurus beasiswa alias ikut nimbrung proses beasiswa selalu aja ada yang menjagal. mulai dari syarat yang ribet sampai seleksi yang gak jelas. syarat yang selalu menjagal aku adalah SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU DARI KELURAHAN. gila kellee! masa aku disuruh mengakui orang tuaku tidak mampu secara ekonomi. bukannya sombong, jika dipikir secara logika aja semua mahasiswa dapat dikatakan mampu. kata orang jawa bilang, pati-pati mlebu kuliah yo kuwi wong mampu.
ada beberapa beasiswa yang tanpa SKTM alias surat tidak mampu, tapi syaratnya naudhubillah..! seabreg....! bayangkan saja,masa harus melampirkan surat dari berbagai pihak?. mulai surat dari fakultas, universitas, kesehatan sampai surat dari kepolisian. gimana gak jengkel coba....
dimata ku beasiswa seolah-olah menyuruh kita sebagai mahasiswa untuk mengemis, meminta-minta, merengek-rengek untuk dapat duit.
beasiswa mengajak mahasiswa untuk berbohong dan menjadikan mahasiswa untuk tidak mengakui dirinya sendiri.
akhir kata AKU BENCI BEASISWA.

by. ozzi miftach


2 comments:

Unknown said...

Terima kasih, Fauzi telah berkunjung ke blogku.

Dulu di zaman aku kuliah, apalagi di IAIN, banyak yang tergolong tidak mampu. Sepertinya dunia pendidikan di zaman sekarang sudah banyak berubah, makin kapitalistik.

Anonymous said...

terima kasih pa sodik, dulu bpk lulusan IAIN smg? kalo ada info CPNS /info kerja lainnya tolong kabari pak. thanks B4..

selamat datang semoga hari anda menyenagkan